TUGAS UJIAN TENGAH
SEMESTER
Diajukan Guna Memenuhi Tugas UTS
Mata Kuliah Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis
Komputer dan Internet
Dosen Pengampu: Ipin Aripin, M.Pd
Disusun oleh:
Deden Ramdhan Hadi
14121610670
Biologi – A / VII
JURUSAN IPA – BIOLOGI
FAKULTAS TARBIYAH DAN
ILMU KEGURUAN
INSTITUS AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI
CIREBON
2015
SOAL
1. Jelaskan
bagaimana tahapan desain bahan ajar multimedia menurut model :
a.
ADDIE
b.
ASSURE
2. Buat Flowchart untuk materi biologi pilihan Anda !
3. Jika Anda ingin mengajarkan materi biologi pada
siswa dengan menggunakan multimedia, bagaimana pelaksanaannya. Buat
langkah-langkahnya dalam bentuk RPP !
4.
Buatlah
bahan ajar berbasis web exe untuk materi biologi SMA.
5. Buatlah CMS / blog lengkapi dengan 3 artikel
tentang materi biologi dan 3 materi pendidikan biologi.
JAWABAN
1. Tahapan desain bahan ajar multimedia
a.
Desain pembelajaran menurut Model ADDIE
ADDIE (Analysis, Design, Development or Production,
Implementation or Delivery and Evaluations) merupakan Salah satu
model desain pembelajaran yang sifatnya lebih generik. Model ADDIE muncul pada tahun 1990-an yang
dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda.
Model ADIDE berfungsi sebagai pedoman dalam membangun perangkat dan
infrastruktur program pelatihan yang efektif, dinamis dan mendukung kinerja pelatihan itu sendiri).
Model ini memiliki kesamaan dengan model pengembangan
sistem basis data. Model ini dapat digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan
produk seperti model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan
bahan ajar. Model ADDIE dikembangkan oleh Dick and Carry (1996) untuk merancang
sistem pembelajaran.
Model ini
menggunakan lima tahap pengembangan
yakni: a) Analysis (analisa), b) Design (disain/ perancangan),
c) Development (pengembangan), d) Implementation
(implementasi/ eksekusi), e) Evaluation (evaluasi/umpan balik).
Langkah-langkah
pengembangan model ADDIE secara rinci yaitu sebagai berikut:
1) Analysis (analisa)
Analisis sendiri
merupakan langkah pertama dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Dimana
langkah dalam tahapan analisis terdiri darii dua tahap yaitu analisis kinerja
dan analisis kebutuhan. Analisis kinerja dilakukan untuk mengetahui dan
mengklarifikasi apakah masalah kinerja yang dihadapi memerlukan solusi berupa
penyelenggaraan program pembelajaran atau perbaikan manajemen. Misalnya dalam
rendahnya motivasi belajar siswa yang perlu dianalisis dan mendapatkan
perbaikan kualitas yang lebih baik.
Disamping itu, Analisis
kebutuhan merupakan langkah yang diperlukan untuk menentukan
kemampuan-kemampuan atau kompetensi yang perlu dipelajari oleh siswa untuk
meningkatkan kinerja atau prestasi belajar. Pada saat seorang perancang program
pembelajaran melakukan tahap analisis, ada dua pertanyaan kunci yang yang harus
dicari jawabannya, yaitu apakah tujuan pembelajaran yang telah ditentukan,
dibutuhkan oleh siswa dan dapat dicapai oleh siswa. Selain itu juga mencakup
analisis lainnya yaitu analisis tugas, dan tipe belajar siswa yang terdiri atas
auditori, visual, dan kinestetik.
2) Design (disain/ perancangan)
Desain/ perancanhan
dalam model ADDIE mencakup perancangan atau desain kerangka isi pembelajaran,
dan merumuskan tujuan pembelajaran SMAR (spesifik, dapat diukur, dapat
diterapkan, dan realistik). Terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam
desain/rancangan, dimana langkah ini merupakan Inti dari langkah analisis
karena mempelajari masalah kemudian menemukan alternatif solusinya yang
berhasil diidentifikasi melalui langkah analisis kebutuhan. Langkah penting
yang perlu dilakukan untuk, menentukan pengalaman belajar yang perlu dimilki
oleh siswa selama mengikuti aktivitas pembelajaran, dan langkah yang harus
mampu menjawab pertanyaan, misalnya apakah program pembelajaran dapat mengatasi
masalah kesenjangan kemampuan siswa.
3) Development (pengembangan)
Pengembangan merupakan langkah ketiga dalam mengimplementasikan model
desain sistem pembelajaran ADDIE. Langkah pengembangan meliputi kegiatan
membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar. Dengan kata lain mencakup
kegiatan memilih, menentukan metode, media serta strategi pembelajaran yang
sesuai untuk digunakan dalam menyampaikan materi atau substansi program. Dalam
melakukan langkah pengembangan, ada dua tujuan penting yang perlu dicapai.
Antara lain adalah memproduksi, membeli, atau merevisi bahan ajar yang akan
digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya,
dan memilih media atau kombinasi media terbaik yang akan digunakan untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
4) Implementation (implementasi/ eksekusi)
Implementasi atau penyampaian materi pembelajaran merupakan langkah keempat
dari model desain sistem pembelajaran ADDIE. Terdapat tujuan utama dari tahapan
ini antara lain untuk membimbing siswa untuk mencapai tujuan atau kompetensi,
menjamin terjadinya pemecahan masalah untuk mengatasi kesenjangan hasil belajar
yang dihadapi oleh siswa, dan memastikan bahwa pada akhir program pembelajaran
dimana siswa perlu memilki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang diperlukan.
Tahapan implementasi mencakup penerapan bahan ajar, uji coba pemanfaatan
produk, membimbing siswa mencapai tujuan, problem solving terhadap masalah, dan
siswa mampu mencapai kompetensi.
5) Evaluation (evaluasi/ umpan balik)
Evaluasi merupakan langkah terakhir dari model desain sistem
pembelajaran ADDIE. Evaluasi sendiri yaitu proses yang dilakukan untuk
memberikan nilai terhadap program pembelajaran. Evaluasi terhadap program
pembelajaran bertujuan untuk mengetahui beberapa hal, yaitu sikap siswa terhadap
kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, peningkatan kompetensi dalam diri
siswa, yang merupakan dampak dari keikutsertaan dalam program pembelajaran, dan
keuntungan yang dirasakan oleh sekolah akibat adanya peningkatan kompetensi
siswa setelah mengikuti program pembelajaran. Evaluasi dapat dilakukan terhadap
penggunaan media, pengguna media, dan situasi pembelajaran dengan cara
observasi, interview, dan angket.
b.
Desain pembelajaran menurut
model ASSURE
Model ASSURE
merupakan suatu model yang merupakan sebuah formulasi untuk Kegiatan Belajar
Mengajar (KBM) atau disebut juga model berorientasi kelas. Model ini
adalah salah satu petunjuk dan perencanaan yang bisa membantu untuk
bagaimana cara merencanakan, mengidentifikasi, menentukan tujuan, memilih
metode dan bahan, serta evaluasi.
Model assure
ini merupakan rujukan bagi pendidik dalam membelajarkan peserta didik dalam
pembelajaran yang direncanakan dan disusun secara sistematis dengan
mengintegrasikan teknologi dan media sehingga pembelajaran menjadi lebih
efektif dan bermakna bagi peserta didik
Model ASSURE
adalah jembatan antara peserta didik, materi, dan semua bentuk media. Model ini
dimaksudkan untuk membantu pendidik dalam pengembangan instruksi yang
sistematis dan efektif. Hal ini digunakan untuk membantu para pendidik mengatur
proses belajar dan melakukan penilaian hasil belajar peserta didik.
Ada enam
langkah dalam pengembangan model ASSURE yaitu: Analyze learner; State objectives; Select instructional methods, media
and materials; Utilize media and materials; Require learner participation;
Evaluate and revise.
Langkah-langkah
pengembangan model ASSURE secara rinci yaitu sebagai berikut:
1) Analisis Pembelajaran (Analyze
Learners)
Tahap analisis pembelajaran merupakan proses
identifikasi dan menganalisis karakteristik
siswa yang disesuaikan dengan hasil-hasil belajar. Analisis karakteristik siswa
meliputi karakteristik umum dari siswa, kompetensi dasar yang harus dimiliki
siswa (pengetahuan, kemampuan dan sikap), dan gaya belajar siswa.
2) Menetapkan Standar dan
Tujuan (States Objectives)
Langkah selanjutnya adalah menyatakan standar dan
tujuan pembelajaran yang spesifik mungkin. Dalam menentukan tujuan dengan
menggunakan rumusan ABCD (Audience,
Behavioris, Condition, dan Degree).
3) Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Materi (Select Methods)
Tahap ini merupakan proses memilih
metode, media dan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Hal ini
dapat dilakukan dengan cara memilih media dan bahan ajar yang telah ada,
memodifikasi bahan ajar, atau membuat bahan ajar yang baru.
4) Penggunaan Teknologi dan Bahan (Utilize
Media and Materials)
Langkah perencanaan guru untuk menggunakan teknologi,
media dan bahan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tahap ini dilakukan
berdasarkan langkah-langkah 5P, yaitu preview
(media dan bahan), prepare (teknologi
media dan bahan), persiapan lingkungan, persiapan siswa, dan penyediakan
pengalaman belajar.
5) Kebutuhan Partisipasi Pembelajar (Require Learner Participation)
Pembelajaran yang efektif mengharuskan adanya keterlibatan
aktif siswa, seharusnya ada aktivitas yang mengikuti pengetahuan dan kecakapan
untuk menerima umpan balik pada kesesuaian dengan usaha mereka sebelum dinilai
secara formal. Secara praktis siswa menilai dirinya dibantu oleh pembelajaran
komputer, internet atau kelompok belajar.
6) Evaluasi dan Revisi (Evaluate
and Revise)
Keterlibatan siswa secara aktif menunjukkan apakah
media yang digunakan efektif atau tidak. Pembelajaran harus didesain agar
membuat aktivitas yang memungkinkan siswa menerapkan pengetahuan atau kemampuan
baru dan menerima umpan balik mengenai
hasil belajar melalui penilaian kemampuan siswa. Penilaian itu tidak hanya
menguji tingkat ketercapaian siswa pada tujuan pembelajaran, tetapi juga menguji
proses pembelajaran dan pengaruh penggunaan teknologi dan media.
2. Flowchart Sistem
Kekebalan Tubuh
3. RPP Sistem Kekebalan Tubuh
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN 1 Jatiwangi
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : XI/II
Materi Pokok : Sistem
Kekebalan Tubuh
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 Pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi
serta implikasinya pada Salingtemas.
B.
Kompetensi Dasar
3.8 Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa
antigen dan bibit penyakit.
C.
Indikator
3.8.1 Menjelaskan
fungsi sistem imun tubuh
3.8.2 Mengidentifikasi
sistem pertahanan tubuh secara alami
3.8.3 Membedakan
respon immun non spesifik dan spesifik pada sistem imun tubuh.
3.8.4 Mendeskripsikan
berbagai upaya untuk pencegahan penyakit
D.
Tujuan
Setelah mempelajari materi
ini, peserta didik diharapkan dapat melakukan hal-hal berikut:
1.
Menjelaskan fungsi sistem imun tubuh
2.
Mengidentifikasi sistem pertahanan tubuh secara
alam
3.
Membedakan respon imun non spesifik dan spesifik
pada sistem imun tubuh.
4.
Mendeskripsikan berbagai upaya untuk pencegahan
penyakit
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Sistem
Limfatik
2.
Sistem
Kekebalan Tubuh
3.
Kekebalan
Bawaan
a.
Perlindungan
Permukaan
b.
Kekebalan
dalam tubuh
1)
Fagosit
2)
Sel
Natural Killer
3)
Protein
Antimikroba
4. Kekebalan
Bawaan
5.
Kekebalan
Adaptif
a.
Limfosit
T
b.
Limfosit
B
6.
Macam-macam
Kekebalan Tubuh
7.
Penyakit
yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh
F. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya
Jawab
·
Model
pembelajaran multimedia web exe.
·
Kuis
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru
memberi salam, mengajak siswa untuk berdoa sebelum memulai pelajaran hari ini,
mengecek absensi dan mengecek kesiapan siswa untuk belajar.
b.
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan “apakah kalian pernah mengalami
flu? Apakah kalian tahu penyebabnya? Memberikan suatu fenomena, misalnya mensimulasikan
tentang fenomena bersin.
c.
Setelah
siswa mengamati fenomena, guru memberikan pertanyaan “apa yang kalian pikirkan
dari fenomena tersebut? Guru memberikan jawaban bahwa penyakit flu disebabkan
oleh virus, hal tersebut dapat menyebabkan sakit pada tubuh untuk itu tubuh
kita harus memiliki sistem yang dapat melawan virus yang menyerang tubuh agar
tidak menyebabkan kita sakit.
d.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD yang akan dicapai dan materi yang dipelajari yaitu sistem
kekebalan tubuh.
- Kegiatan Inti
a.
Guru
menyajikan materi pelajaran sistem kekebalan tubuh dengan menggunakan web exe.
b.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang
disampaikan dengan media pembelajaran web exe.
- Kegiatan Penutup
a.
Guru
memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk menyimpulkan materi yang
sudah disampaikan.
b.
Guru menyimpulkan materi pelajaran sistem kekebalan tubuh.
c.
Setelah
materi pelajaran sudah disampaikan, guru memberikan pertanyaan/ kuis kepada
siswa dengan bentuk soal peryataan pilihan ganda pada web exe.
d.
Guru
memberikan tugas berupa soal essay tentang sistem kekebalan tubuh dan penyakit
yang berhungan dengan sistem kekebalan tubuh untuk dikerjakan di rumah.
e.
Guru
menyuruh siswa untuk membaca materi lanjutan dari sistem kekebalan tubuh untuk
pertemuan selanjutnya.
f.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk belajar.
g.
Guru memberikan salam penutup.
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
dan meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
c.
Guru meminta siswa untuk mereview kembali materi pertemuan
sebelumnya.
2. Kegiatan Inti
a.
Guru
meminta siswa untuk mengeluarkan tugas yang telah dikerjakan di rumah.
b.
Guru
memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk membacakan jawaban dari
tugas tersebut.
c.
Guru
meminta siswa lainnya untuk memberi komentar atau menambahkan jawaban dari
tugas tersebut.
d.
Guru
membahas mengoreksi tugas siswa.
e.
Guru
melanjutkan materi pelajaran sistem kekebalan tubuh dengan menggunakan web exe.
f.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang
disampaikan dengan media pembelajaran web exe.
3. Kegiatan Penutup
a.
Guru
memberikan kesempatan kepada salah satu siswa untuk menyimpulkan materi yang
sudah disampaikan.
b.
Guru menyimpulkan materi pelajaran sistem kekebalan tubuh.
c.
Setelah
materi pelajaran sudah disampaikan, guru memberikan pertanyaan/ kuis kepada
siswa dengan bentuk soal peryataan pilihan ganda pada web exe.
d.
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan
memberikan pesan untuk belajar.
e.
Guru memberikan salam penutup.
H.
ALAT
DAN BAHAN
1.
Media
Pembelajaran : Web
exe, Laptop, dan infocus
2.
Sumber
Belajar
a.
Buku paket SMA biologi untuk kelas XI
b.
Buku ajar guru Biologi kelas XI
c.
Lembar kerja siswa (LKS) biologi kelas X
semester II
I.
Penilaian
a.
Essay
tentang sistem kekebalan tubuh dan penyakit yang berhungan dengan sistem
kekebalan tubuh
b.
Uji
kompetensi tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar